Kedung Pengilon Bantul, Kolam Alamai Dekat kota Jogja

Mau berenang di kolam air alami yang biru warnanya? datang saja ke Kedung Pengilon yang berada di Kasihan, Bantul, DIY.  Lokasinya tak jauh dari kota Jogja kok, dijaman bakal ketagihan kembali lagi ke Kedung Pengilon untuk merasakan kesegaran airnya.

Musim Hujan telah tiba, ini bearti tempat wisata air-pun akan bertambah, karena kalo musim kemarau air yang ada biasanya hanya sedikit, pas musim hujan inilah wisata air alamai kembali mencuat ke permukaan, hehhe

lokasi kedung pengilon


Seperti "Kedung Pengilon" yang ada di kecamatan Kasihan, Bantul, pada bulan-bulan ini kedung Pengilon airnya sudah kembali banyak dan menjadi asyik untuk dijadikan tempat mandi. Karena airnya yang alami tanpa obat penjernih air seperti yang ada dikolam renang buatan, sehingga airnya terasa lebih segar mandi,

Wisata air Kedung Pengilon ini letaknya cukup dekat dari pusat kota Jogja, terletak di desa Petung, Bangunjiwo,  kecamatan Kasihan, Bantul, DIY atau sekitar 12,6 km dari alun-alun selatan Jogja. Lokasinya cukup tersembunyi diantara perbukitan daerah Bantul, makanya banyak yang belum tahu kalo di daerahnya ternyata ada kedung pengilon.

Kedung pengilon merupakan air terjun / curug yang lama-kelamaan tempat air jatuhnya munembentuk kedung / seperti kolam yang cukup luas dan cocok jika dijadikan sebagai tempat mandi dan berenang. Kedalaman kedung pengilon bisa mencapai 5 meter, jadi yang belum bisa berenang disarankan untuk tidak mandi di kedung tersebut.

Kedung Pengilon Bantul, Kolam Alamai Dekat kota Jogja


Lebih asyik lagi jika mandi di kedung pengilon pada pagi hari, karena udara di area kedung pengilon masih sangat segar dan juga kalau masih pagi bisa mandi sambil merasakan segarnya embun-embun yang belum menguap serta suara air yang jatuh. Air yang berwarna biru alami menjadikan pemandangan kedung ini semakin sejuk.

lokasi kedung pengilon bantul


Untuk bisa menikmati segarnya air di Kedung Pengilon, kita hanya dikenakan biaya parkir saja, untuk sampai kelokai harus jalan kaki sekitar 150 meter. Fasilitas yang tersedia seperti kamar ganti atau kamar mandi, tempat duduk disekitar kedung, gasebo.

Baca juga  - Kedung Pedut, Waterpark Alami di Kulon Progo -


Berikut Peta menuju lokasi Kedung Pengilon dari Alun-alun kidul Jogja:

Komentar