10 Pose Keren ini Bisa Kamu Lakukan jika berkunjung ke Umbul Ponggok Klaten

Kangenwisata - Fenomena Umbul Ponggok Klaten sudah menyebar kemana-mana, tak hanya daerah Klaten dan sekitarnya tapi sudah meluas ke penjuru nusantara. Dulunya Umbul Ponggok hanya sumber pengairan untuk irigasi, tapi sekarang sudah booming di dunia perpariwisataan khusunya yang hobby menyelam.

Umbul Ponggok yang berarti umbul mata air dan ponggok adalah nama desa di mana umbul itu berada. Jadi, umbul ponggok itu mata air yang berada disebuah desa ponggok yang berada di Kecamatan Polan Harjo, Klaten, Jawa Tengah. Dengan air tawar yang fresh bakan membuat badan jadi segar bugar setelah berenang di Umbul Ponggok ini.


Tahun 2015 kemarin sudah banyak yang berkunjung ke Umbul Ponggok Klaten, dan tahun 2016 ini semakin dikenal oleh kalangan luas. Selain untuk olahraga berenang, di Umbul Ponggok lebih terkenal untuk wisata snorkeling, karena kolamnya cukup dalam dan pemandangan di dalam kolam sangat menarik, banyak ikan-ikan yang ikut berenang dan dasar kolam juga bukan keramik, tapi pasir dan bebatuan serta airnya yang sangat jernih.

Banyak sekali yang membuat kreasi foto unik dengan membawa properti masuk ke dalam air, tak cuma meja dan kursi, tapi masih banyak lagi. Berikut foto-foto di dalam Umbul Ponggok yang bakalan bikin kamu pengen merasakannya juga.

1. Jangan cuma lihat luarnya, tapi selami biar tahu keindahannya

kolam umbul ponggok klaten
Via catatanhariankeong.com
Tidak semua sesuatu itu keliatan menarik dari luarnya, bahkan ada yang luarnya menarik tetapi dalamnya malah jelek, dan sebaliknya di luar jelek tapi dalamnya menarik. Umbul Ponggok walau cuma terlihat seperti kolam biasa saja dari luar, tapi dalamnya sangat menarik untuk diselami.

2. Terbang Berenang Bersama Ikan-ikan

berenang bersama ikan
Via kampoengilmu.com
Walaupun jomblo datang kesini sendiri gak apa-apa kok, nanti di dalam kolam kamu akan ditemani ikan-ikan yang cantik, jadi tak usah khawatir jika datang sendirian.  Berenang dan menyelam ngalor-ngidul bakalan banyak ikan yang mengikutimu.

3. Gaya Berjemur layaknya di Pantai

foto didalam air seperti dipantai
Via jadiberita.com
Berjemur tak hanya bisa dilakukan di pantai saja, buktinya di dalam kolam umbul ponggok juga bisa berjemur layaknya sedang berada di pantai. Bermodalkan payung besar, kursi jemur dan meja kecil saja, kamu udah bisa bergaya seperti ini.

4.  Bermain bola di dalam air

sepak bola dalam air
Via umbulponggok.com
Walau hanya ekting saja, tapi gaya ini patut untuk dicoba bagi yang suka olahraga ini. Sebelum kesana coba pikirkan dulu bagaimana caranya agar bolanya bisa berada di dasar kolam tanpa dipengangin tangan. Kalo sudah tinggal berangkat kesana bawa bolanya dan nyebur deh.

5. Latihan Diving untuk pemula di Umbul Ponggok

umbul ponggok klaten
Via jogjapetualang.com
Jika ingin belajar diving, di Umbul Ponggok ini adalah tempat yang tepat, airnya sangat bening dan tidak terlalu dalam untuk pemula. Dengan suasana bawah air yang mirip dilaut menjadikan tempat ini lebih menarik dari pada di kolam air tawar biasa. Selain belajar kamu juga bisa bergaya layaknya sudah mahir diving di umbul ponggok ini.

6. Bersepeda di kedalaman Kolam

bersepeda dalam air umbul ponggok
Via rajatoursindonesia.com
Kalo menyusuri jalanan aspal dengan sepeda itu sudah biasa, kini kamu bisa mencoba jalur yang berbeda, yaitu bersepeda di dalam air. Pastinya akan sulit untuk menjalankan spedanya. walapun tak bisa menyusuri dasar kolam dengan sepeda, tapi bergaya dengan sepeda sudah menjadi kenangan tersendiri.

7. Masuk Kolam Bersama Geng Motor plus Motornya Sekalian

pns di umbul ponggok dan motor
Via @puputpatriaa
Masih belum puas membawa sepeda ke dalam kolam, kamu beserta rombongan geng motormu juga bisa masuk beserta motornya sekalian. Kalo biasanya kopdar komunitas hanya dipinggir jalan, bisa mencoba kumpul dengan cara unik ini yaitu kumpul-kumpul di dalam air bersama motornya tentunya. Tapi jangan langsung di bawa masuk ke kolam motornya, kamu harus menguras seluruh cairan yang ada di dalam motor seperti oli, bahan bakar dan bahan lainya yang dapat mencemeri air kolam umbul ponggok ini.

8. Menyelam Sambil Nonton TV

nonton tv underwater
Via chirpstory.com
Ada pepatah "menyelam sambil minum air nonton TV", itu berlaku di Umbul Ponggok. Bosen jika hanya nonton TV di dalam terus, sekarang kamu juga bisa menonton TV di dalam air, bagaimana rasanya yaa? Coba sendiri, pasti beda rasanya dengan nonton tv di dalam kamar. Dengan ditemani teman dan ikan-ikan yang cantik pasti akan menjadi lebih asyik.

9. Sensasi Camping di dalam Air

camping dalam air umbul ponggok
Via Twitter.com
Pernah camping di pantai atau di gunung? Ah itu sudah biasa, yang tidak biasa yaitu jika kamu sudah bisa camping di dalam air. Hal tersebut bukan sesuatu yang tidak mungkin lagi, buktinya di Umbul Ponggok ini sudah ada yang pernah camping membawa tenda beserta ayunan ke dalam air sekalian. Walaupun cuma buat properti foto, tapi juga bisa bikin liburanmu tak akan terlupakan.

10. Mengerjakan Skripsi Underwater

mengerjakan skripsi bawa air
Via @hendisyahputra
Mungkin cara ini bisa memperlancar menyelesaikan skripsi-mu. Jika mengerjakan skripsi hanya diperpus dan kost-kostan saja maka akan terasa membosankan, coba sekali-kali refresing ke Umbul Ponggok ini sambil membawa skripsimu, biar kalo pulang dari sini ada pencerahan dalam hal pengerjaan skripsi. heee

11. Underwater Prewedding di Umbul Ponggok

prewedding unik di dalam air
Via umbulponggok.com
Jika skripsi sudah kelar jangan lupa segera prewedding di sini juga membawa serta hasil skripsimu. Umbul Ponggok tak cuma buat wisata dan belajar diving saja, tapi Umbul Ponggok juga tempat yang keren untuk acara Prewedding-mu agar menjadi moment yang dikenang dan tak terlupakan.

Itulah beberapa moment dan aksi keren yang diabadikan di Umbul Ponggok, jika belum pernah atau ingin kesini lagi sebaiknya dirancang dulu gaya yang akan digunakan ketika sudah di dalam air Umbul Ponggok. Bisa juga meniru gaya yang sudah ada diatas, kalo mau berkreasi biar beda dari yang lain juga boleh, tapi jangan sampai membuat air di Umbul Ponggok menjadi tercemar, tetap jaga kebersihan.

Komentar